Top Kanan
Top Kiri

Rupanya bukan hanya Pulau Salura yang menjadi pulau terluar. Namun ada 2 pulau lain lagi yakni Pulau Kotak dan Pulau Menggudu. Pulau Kotak tepat berada di depan Pulau Salura, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit dengan menggunakan parahu ketinting kita sampai di pulau ini. Pulau Kotak tak berpenduduk. Menyaksikan matahari terbenam di balik Pulau Kotak dari tepi pantai Pulau Salura sungguh mengasikan.

 



Pulau yang lain adalah Pulau Menggudu jaraknya kurang lebih setengah jam perjalanan menggunakan perahu ketinting untuk sampai di pulau ini. Seperti Pulau Kotak, Pulau Menggudu tak memiliki penghuni. Pantai di ketiga pulau ini memiliki pasir putih yang masih alami seperti tak pernah terjamah sama sekali.

Indahnya gugusan pulau terluar semakin nampak ketika kita mendaki bukit yang menjadi puncak tertinggi di Pulau Salura. Buih ombak membentuk suatu garis lekukan membujur bagai busur diantara Pulau Kotak, Menggudu dan Salura.

Untuk penginapan di Pulau Salura saya biasanya nginap di pos polisi perbatasan. Namun itu bukan satu-satunya kita bisa nginap di rumahnya kepada desa atau di rumah warga setempat.Ya, Salura dan dua pulau sekitarnya siap menyajikan eksotika yang unik walau masih terus terkungkung dalam keterkucilannya.

Facebook Fans

Berita Lain